February 10, 2016

Dunia baru, bye bye mahasiswa

Haloooo 2016. Kisi kembali.
Selama tahun 2015 cuma ngepost sekali dan akhirnya aku ngepost lagi. Yey.

Jadi kenapa aku menghilang di blog?
Karena, selama ini aku kerja. Udah bukan mahasiswa lagi. Tepat hari ini satu tahun aku jadi wanita kantoran.

Banyak hal yang aku pelajarin dari kerja di kantor. Tapi justru aku lebih banyak belajar bagaimana memasuki dunia orang dewasa ketimbang ilmu-ilmu tentang pekerjaan aku sekarang.

Awalnya, aku sempet kaget memasuki dunia orang dewasa. Banyak hal mengerikan yang aku lihat dengan mata kepala aku sendiri. Atau mungkin aku yang lebay gara-gara akunya terlalu polos ga tau kalo dunia itu memang kejam. Sempet bingung juga gimana caranya gaul sama orang kantoran. Apalagi sama orang yang umurnya jauh lebih diatas aku. Selama ini cara aku bergaul dengan temen-temen deket di kampus ya dengan becanda ala-ala bocah yang ceritanya aku ini mutan bisa nembus tembok, atau bisa teleport, atau bisa telekinetik. Bayangin aja kalo aku praktekin hal yang sama di kantor bakal krik krik..

Awalnya sempet jadi pendiem di kantor gara-gara masih bingung gimana cara bergaul yang cocok. Mereka manusia-manusia yang sudah lama di dunia kerja dan aku yakin mereka udah lewat masanya untuk bercanda yang kekanakan. Ujung-ujungnya, aku rekrut beberapa temen deket untuk kerja di kantor tersebut. Baru lah aku mulai nyaman di kantor.

Tapi tetep aja, yang namanya nyaman bukan berarti ga ada masalah. Berkali-kali aku nahan nangis di kantor dan berujung banjir air mata. Mulai dari dimarahin orang kantor karena miskomunikasi, dimarahin klien, dan yang terparah sering dianggep masih bocah sama beberapa subcont (semacam rekan kerja), jadi aja ga respek sama aku dan perkataannya nyakitin.

Tapi semua kesedihan akan terobati ketika gajian kemudian dipake buat shopping.

Bahagia tiada tara... Ulala...

Oh iya, jarak rumah aku ke kantor itu cukup jauh. Mau ga mau aku harus naek kereta ke kantor. Dan ternyata kalo kereta lagi rame-ramenya itu super amazing. Kamu ga perlu keluarin tenaga, kamu bisa dengan otomatisnya masuk dan keluar kereta, bahkan naik dan turun tangga pun ga perlu pake tenaga. Aku ga bohong. Aku mengalaminya. Rasanya seperti punya kekuatan telekinetic. Praktis. Iya praktis, karena saking ramenya aku kebawa arus, kedorong-dorong orang. Banyak juga kisah lucu dan menyebalkan di kereta maupun stasiun.

Pernah lagi nonton Sponge Bob the Movie di HP, eh ada yang ikut nimbrung. Pas lagi ada adegan ngelawak, yang ketawa ngakak malah orang di samping aku. Aku yang pake earphone malah ga ketawa. Beresnya mas itu pake acara nanya, "Itu film apa mba?". Dalam hati aku, "Menurut ngana kalo ada Sponge Bob, itu film apaaaa?".

Kadang juga dimodusin cowo di kereta.
Pernah cuma gegara main Candy Crush di kereta, tetiba diajak ngobrol nanyain tentang Candy Crush. Pertamanya berusaha positive thinking, mungkin dia emang pengen tau kenapa aku bisa main kayak gitu. Terus lain waktu ketemu lagi terus manggil aku "Hai Candy Crush" kayak yang akrab banget sambil nepok pundak, kemudian minta berangkat barengan satu gerbong. Terus berdirinya dibelakang aku persis. Kan malez.

Yang parah itu sampe kena pele*ehan se*sual. Deminya baju aku selalu sopan. Tapi ada aja yang tangannya bandel. Hufffttt.

Ya pokoknya ada banyak hal baru yang aku temuin sejak kerja. Semoga ke depannya yang ga enaknya berkurang dan gaji aku bertambah, hahaha. Aamiin.

August 30, 2015

Iseng ikut Kang Nong Tangsel 2015

Berawal dari Sarah yang iseng pengen ikutan Kang Nong Kota Tangerang. Kata Sarah, denger-denger hadiahnya 25juta. Dia pun bersemangat. Sampai akhirnya tiba di hari terakhir pengembalian formulir. Dia minta aku buat nemenin ke tempat pengembalian formulir di Balekota Mall. Jauh-jauh datang, eh ternyata salah lokasi. Seharusnya di Gedung Cisadane. Entah itu ada dimana. Udah mah nyampe sana jam 4 sore, jauh, naik angkot pulak. Akhirnya Sarah batal ikut Kang Nong Kota Tangerang.

Semangatnya tidak sedikit pun luntur. "Masih ada Kang Nong Tangsel. Aku ikut itu aja ah." Katanya sambil nyengir. Disitu lah aku berpikir untuk ikutan nyoba juga. Awalnya Sarah ngelarang, katanya aku jadi penghambat karirnya. Haha. Ya aku juga ga begitu minat. Sampe menjelang hari H, Sarah ngajakin aku ikutan supaya dia ada temennya. 

Tibalah hari H. Aku dan Sarah pakai pakaian sesuai dengan ketentuan di twitter / instagram Kang Nong Tangsel. Katanya: jangan pakai kerudung hijabers dan bermotif, pakai make-up jangan tebel. Da kita mah anak baik-baik jadi nurut aja. Begitu kita tiba di tempat seleksi... ternyata emang aku dan Sarah yang paling nurut. Banyak cewe-cewe badai halilintar. Cantik nan gaul. Pakai pakaian tidak sesusai ketentuan yang ada dan bermake-up tebal.

Sempat pengen ngebatalin daftar ulang. Tapi dipaksa sama Sarah. Apa boleh buat, udah terlanjur dateng juga. Akhirnya aku dan Sarah menghampiri stand tempat daftar ulang.
Mas penjaga: Kalian temen satu sekolah ya?
Aku: (Nyengir lebar. Yes, dikira anak sekolah) Hahaha. Ga kok, kita adek kakak.
Kemudian kami dapat nomor selisih 2 angka. Sarah 170, aku 172. Kemudian kami ke stand tempat pengumpulan berkas-berkas. Setelah itu loading test, yaitu tes tinggi dan berat badan. Sebenernya aku kurang suka sama cara mereka loading test yang ngasal gitu. Blazer  kan lumayan berat, dan kita ga disuruh lepas blazer. Hasilnya berat aku 50 kg, padahal pas banget sebelom berangkat aku timbang di rumah 48,8 kg. Tapi alhamdulillah tinggi aku 162 cm. Tadinya aku ketakutan kurang dari 160 cm, karena batas tinggi minimal untuk perempuan 160 cm. Beres loading test, tinggal nunggu acara dimulai.

Ternyata sistem seleksinya itu maju perkloter. Setiap kloter terdiri dari 10 orang. Nomor ganjil untuk laki-laki dan genap untuk perempuan. Tiap satu kloter naik ke panggung. Awalnya dikasih pertanyaan dari MC. Kemudian tiap peserta wajib perkenalan dengan format: nama, umur, sekolah / universitas / nama perusahaan jika kerja. Setelah perkenalan, menjawab pertanyaan tersebut. Diberikan waktu maximal 1 menit. Tidak boleh singkat, juga tidak boleh lewat dari 1 menit.

Waktu kloter pertama maju, aku memperhatikan mereka dengan seksama. Ga ada sedikit pun berpaling. Daaan ternyata ga ada yang umurnya mendekati umur aku. Kebanyakan peserta anak SMA kelas 2-3 dan kuliah semester awal. Duh gawat. Masa aku yang paling tua dan paling bego. Terus mendadak mules. Kemudian kloter selanjutnya maju. Semakin lama soal pun semakin susah. Emang bener-bener soal yang paling masuk akal dijawab cuma kloter 1: Apakah yang anda lakukan jika terpilih menjadi Kang Nong Tangsel 2015? Sisanya itu pertanyaan-pertanyaan susahnya luar biasa. Padahal aku dan Sarah sempet baca-baca Wikipedia tentang Tangsel. Dan yang keluar dari situ cuma dikit. Semua soal itu pasti soal yang menanyakan pendapat. Ga ada soal semacam Cerdas Cermat yang ditanya siapa walikota Tangsel, berapa luas Tangsel, dll. GA ADA.

Karena nomor urut aku dan Sarah angkanya gede banget, otomatis kita nunggu giliran lama. Dari deg-degan sampe lemes gara-gara kepanasan. Tau BSD Square kan? Demi apapun itu tempat ga efektif buat ngadain acara seperti ini di siang hari. Fuanaz luar biaza. Akhirnya ayah, yang sedari tadi nunggu, ngajak ngadem di Jco. Sampe jam istirahat pun masih kloter yang angkanya dibawah 100. Ayah pulang duluan karena mau sholat di masjid. Akhirnya dua-kakak-beradek-dongo-dengan-wajah-pas-pasan belajar di Jco.

Awalnya aku semangat googling tentang tangsel. Tapi ternyata nunggu gilirannya lama buanget sampe akhirnya aku kepanasan (karena duduk di Jco kursi luar) kemudian ketiduran. Kalian tau kan apa yang terjadi pada manusia jika tidur? Butuh loading ketika terbangun dan semacam ter-reset otaknya. NAH, itu dia fatalnya. Aku bangun terus loading lama. Udah lupa lagi apa yang udah aku pelajarin. Sampe akhirnya nomor urut deket aku dipanggil. Aku udah ga bisa mikir apa-apa. Panas banget bikin aku sensi. Akhirnya aku sholat biar adem kena aer wudhu. Pas banget balik lagi langsung disuruh siap-siap untuk maju ke panggung. Dan ternyata peserta cowo udah habis, sianya kloter cewe-cewe. Ye elah, pasangan aku adek sendiri. Untungnya nomer peserta dia lebih dulu dari aku, jadi aku bisa copy dikit jawabannya, haha.

Before After setelah tidur

Maju lah kloter aku ke panggung. Aku udah ngerasa itu cara jalan teranggun dalam seumur hidup. Entah lah apa yang dilihat orang-orang. Mungkin lebih mirip zombie lagi sakit kaki. Waktu di atas panggung senyum aku masih santai tuh. Sampai akhirnya pertanyaan laknat itu terlontar dari mulut MC:
"Bagaimana menurut anda tentang sapta pesona? Dan sebutkan penerapannya dalam objek wisata!"
Mampus.

Tadi dia bilang apa?

Satwa pesona?

Emang Tangsel punya kebun binatang?

Anjir aing kudu kumaha?

Pertanyaan bertubi-tubi muncul diotak aku. Aku meresakan raut wajah berubah jadi panik dan mengernyitkan dahi. Ga boleh, aku harus senyum selama diatas panggung. Tapi aku juga harus mikirin nanti mau jawab apa. Perang batin. Akhirnya yang terjadi muka aku gonta ganti dari mikir - senyum - mikir - senyum. Ternyata mensinkronisasi antara berpikir dan tersenyum itu susah. Akhirnya aku memutuskan untuk merangkum jawaban peserta-peserta lain.

Tidak satu pun memberikan jawaban yang memuaskan. Dari jawabannya terdengar kalau mereka semua tidak ada yang mengerti apa itu sapta pesona. Inti dari jawaban mereka sama: Sapta pesona itu penting. Terus aku kudu piyeee...

Sampai akhirnya tiba giliran Sarah. Nada bicaranya ketika perkenalan bagus. Tapi ketika ngasih jawaban, dia terlalu sibuk memikirkan jawaban yang memuaskan sehingga lupa kalau penilaian utama itu dari skill berkomunikasi hingga cara bicaranya yang nyeret-nyeret itu kebawa.

Tiba lah giliran aku. Aku perkenalan menggunakan bahasa Jepang. Supaya hanya orang yang bisa berbahasa Jepang aja yang tau umur aku berapa, hahaha. Setelah perkenalan, aku jawab pakai bahasa Indonesia.
"Baik, saya akan menjawab dalam bahasa Indonesia. Menurut saya, sapta pesona sangatlah penting. Mengapa? Karena dengan sapta pesona akan menarik banyak parawisatawan ke tempat wisata dan membuat tempat wisata tersebut lebih terkenal dari tempat wisata di kota lain...."
Dalam hati: Anjir gue ngomong apa sih. Ngaco banget. Udah lah dari pada ngalor ngidul. Udahan aja. Kamera mana, kamera? Saya sudah ga sanggup.. *berharap bisa lambaikan tangan ke kamera
"Oke sekian. Terimakasih. Hihihihi."
Lah aku kelepasan cekikikan di panggung padahal mic belom jauh dari mulut aku. Abisnya aku bego banget, aku geli sama diri aku sendiri. Aku ga bisa nahan cengengesan gara-gara meratapi kebodohan aku. Sampai akhirnya aku melihat salah satu panitia memberikan kode ke peserta di panggung. Aku ga bisa melihat jelas gerakan mulutnya. Aku kira dia sedang kasih kode kalau udah time out. Setelah sekian detik, aku baru sadar kalau peserta yang sedang megang mic tidak memberikan jawaban apa-apa, benar-benar diam. Dan ternyata panitia itu mengucapkan "semangat" dengan gerakan mulut. Aku menoleh, kelihatannya cewe SMA, mukanya masih imut. Aku yakin kalau aku masih semuda dia ikut acara ini akan terjadi hal yang lebih parah, Semangat dek. Kamu udah bisa berdiri anggun di panggung aja udah luar biasa. Akhirnya waktu habis dan lanjut ke peserta selanjutnya. Setelah semua peserta di kloter aku menjawab, kami semua turun dari panggung.

Dan ternyata aku kloter kedua terakhir. Setelah itu nunggu lama untuk pengumuman. Aku ga berharap banyak. Ga nyampe gemeteran di panggung aja udah syukur alhamdulillah. Dan akhirnya semifinalis diumumkan. Tadinya aku yakin seyakin-yakinnya kalau dari kloter aku tidak ada yang terpilih 30 besar karena tidak ada yang jawab dengan benar atau minimal kasih jawaban yang memuaskan. Dan ternyata, dari kloter aku ada 4 orang yang masuk semifinalis. Dari situ aku baru sadar, ternyata penilaiannya tidak dinilai dari benar atau tidak dalam menjawab, tapi lebih kepada bagaimana cara menjawab dengan anggun dan tegas tidak peduli jawabannya memuaskan atau tidak. Dan yang mutlak adalah yang cantik. Itu pasti keterima. Karena aku ga lihat ada cewe cantik yang ga menang.

Jadi, pembelajaran buat kamu yang mau ikut Kang Nong Tangsel tahun berikutnya:

  1. Latih cara bicara kamu. Ketika menjawab pertanyaan, yang terpenting tetap anggun dan rileks. Ga usah ngomong panjang lebar biar penjabarannya banyak. Jawaban berbobot tapi penyampaiannya jelek masih kalah sama yang jawab asal tapi anggun.
  2. Baca tentang Tangsel jauh-jauh hari. Jangan dihafalkan aja, coba pikirkan juga bagaimana pendapat kamu.
  3. Make-up yang bagus. Jangan no make-up, jomplang banget ntar sama peserta yang lain jadi terlihat invisible. Kecuali kamu cantik banget, polos juga ga masalah.
  4. Baju yang bagus, kerudung ala hijabers.
Semoga bermanfaat dan semoga beruntung!

December 1, 2014

Sidang, Alhamdulillah.


Tanggal 27 November kemaren, akhirnya aku sidang. Aku ga ngerasa wah dengan gelar yang aku punya sekarang, ga tau kenapa. Yang pasti, aku udah ngerasa lega semenjak di-acc skripsi aku sama dosen pembimbing. Rasanya beban hilang. Karena kata semua orang, kalo angkatan tua kayak aku insyaAllah dilulusin. Jadi ya buat apa deg-degan ngadepin sidang?

Yang aku lihat, hampir semua orang tegang menjelang hari sidang. Bahkan temen aku, Galih, ngaku kalo dia muntah-muntah tiap mikirin sidang. Lebay. Aku boro-boro tegang, kepikiran sidang juga ga. Bahkan sampe H-1, aku sibuk buka instagram cari online shop karena aku lagi punya uang buat beli sepatu, hahahahaha. Serius aku ga bohong, banyak kok saksinya.

Nah, hari H tiba. Aku si tukang telat, alhamdulillah ga kesiangan dan nyampe kampus pas masih sepi. Baru deh belajar buat sidang. Ngafalin cuma sanggup yang bahasa Jepangnya, teori dalam bahasa Indonesia udah ga ada waktu buat ngafalin. Baru lah mulai deg-deg an. Baca doa seperti yang dikasih tau ayah. Terus menerus, dari pada ngafalin udah ga sanggup, udah ga fokus. Dari tegang sampe lupa lagi gara2 nunggu giliran kelamaan. Akhirnya tiba giliran aku.

Masuk ke ruangan. Duduk di kursi khusus.
Penguji 2: Nama kamu Kisi. Itu dari bahasa Jepang?
Aku: Bukan Bu, hehe.
Penguji 2: Tapi di bahasa Jepang ada nama Kisi kan ya? (Noleh ke penguji 1). Kalo dalam bahasa Indonesia nama Kisi dari apa atuh ya? (Noleh ke dospem)
Dospem: Kisi-Kisi kehidupan?
Penguji 2: Kisi-kisi?
Aku: Bukan Bu, saya juga ga tau arti nama saya (ngeles bae, haha)
Penguji 2: Masa orang tua kamu ga kasih tau arti nama kamu..
Aku: Nama saya itu dari kumpulan kata-kata. K-nya kalo ga salah dari kukuh... Ya pokoknya orang tua saya yang tahu.
Penguji 2: Oooh dari kumpulan kata-kata. Ya udah, sok atuh mulai.

Wakakakakak, baru duduk aja ditanyain yang aneh-aneh. Kemudian aku presentasi singkat. Penguji pertama Pak Jonjon, walikelas sendiri. Entah beliau tau atau ga kalo beliau walikelas aku. Seperti yang udah aku duga, Pak Jonjon nanya pengertian tentang pendekatan yang aku pake. Dengan mantap aku jawab. Selanjutnya ditanya kenapa memilih buku tersebut sebagai bahan. Jawab lagi dengan mantap. Eh jawabnya kebablasan, malah jadi ngejelasin isi bukunya. Akhirnya Pak Jonjon kasih pertanyaan simpel-simpel seputar bahan tersebut. Ganti lah ke penguji ke-2, Bu Puspa, kepala jurusan. Karena aku udah ngejabarin terlalu banyak, akhirnya Bu Puspa nanya yang simpel-simpel seputar bahannya juga, ga banyak. Sampai akhirnya beliau mungkin kehabisan pertanyaan jadi menyanyakan hal pribadi, lagi.
Penguji 2: Kalau Kisi nanti udah menikah dan punya anak, apa Kisi akan seperti cerita ini, menitipkan anaknya selagi kerja atau mengasuh sendiri?
Aku: (Ketawa sebentar. Aku bisa ngerasain wajah aku sumringah banget. Abisnya kocak) Saya pribadi kalau sudah punya anak akan mengasuh sendiri. Kalaupun ingin punya penghasilan tambahan, akan dilakukan di rumah.. (Kemudian keinget online shop)
Diakhiri dengan pertanyaan aneh, kemudian aku keluar ruangan, menunggu untuk diuji oleh native. Berhubung nativenya Pak Yuyu, Dekan Sastra, sibuk. Diujinya setelah istirahat sholat.

Istirahat selesei, akhirnya mulai pada dipanggil Pak Yuyu. Anak-anak yang sehabis diuji pak Yuyu langsung aku serbu "tadi Pak Yuyu nanya apa aja". Semua ngejawab, plek dari sinopsis, ga ada yang diluar itu. Aku panik. Mulai hafalin lagi. Sempet lupa gara-gara istirahat tadi. Kadang diselipin doa. Tangan dingin, perut mules. Aku yakin banget giliran aku cepet. Makin lama aku capek nunggu dipanggil, sampe udah ga tegang lagi. Tiap anak yang keluar dari ruangan tersebut aku tanya lagi, mereka yang urutannya udah akhir bilang kalau lebih banyak ditanyain hal pribadi dari pada sinopsis. Akhirnya aku jadi lega. Dan ternyata aku urutan terakhir. Benar aja, aku ditanyain hal pribadi.

Yang bikin aku bingung, awalnya Pak Yuyu nanya campur bahasa Indonesia, aku jadi bingung harus jawab pake bahasa apa. Berikut list pertanyaannya:
  1. Orang mana
  2. Angkatan
  3. Kelas
  4. Kenapa baru sidang sekarang
  5. Ngapain aja selama ini
  6. Sering pake bahasa jepang ga
  7. Dari tahun berapa sampe berapa di Jepang
  8. Kenapa tinggal di Jepang saat itu
  9. Orang tua kerja dimana
  10. Kerjaannya apa
  11. Sekarang kerja dimana
  12. Kerjaannya apa
  13. Judul skripsinya
  14. Judul dalam bahasa Indonesia
  15. Bahannya ini bukan novel bukan cerpen terus apa
  16. Apa ada buku terjemahan indonesianya
  17. Bagaimana cara dapet buku ini
  18. Kumaha ih kamu lupa-lupa gini bahasa jepangnya, nouryokushiken level berapa
  19. Abis lulus mau ngapain
  20. Jadi masalah kamu itu selalu "ga ada niat buat ngelakuin", hahaha.
Aku jawab ngasal bae, ga pake bahasa yang baku kayaknya mah. Hahaha.

Ya udah lah udah lewat. Setidaknya aku nulis gini bisa bantu mahasiswa Sastra Jepang unpad yang dapet penguji yang sama kayak aku buat gambaran sidang nanti. Intinya tingkatkan ibadah, banyak doa, ga usah tegang, yakin aja sama bahannya. Ga perlu ngafalin di hari H, ngafalinnya di hari sebelumnya aja.
Hasil sidang aku? Tanya lewat line aja lah ya, ga perlu ditulis di sini.

November 18, 2014

Disney Princess

Akhirnyaaaaa bisa napas lega setelah berhari-hari bermesraan dengan skripsweet. Ga kok, aku belom lulus. Doakan saja lah. Hehe.

Udah lama banget aku pengen ngepost tentang Disney Princess, tapi baru ada waktu sekarang untuk nge-blog lagi. Kenapa Disney Princess? Karena dari kecil aku suka banget sama yang princess-princessan. Bahkan aku ngerasa obsesi akan princess makin menjadi setelah kuliah. Selama ini Disney Princess yang pernah aku nonton hanya Beauty and the Beast, Pocahontas, Tangled, Brave, dan Frozen. Disney Princess yang jadul cuma tahu ceritanya dari mulut ke mulut, ga pernah nonton filmnya. Sebenernya yang bikin aku makin suka banget sama Disney Princess semenjak nonton Tangled. Itu film favorit aku sepanjang masa. Ya paling ga, sejauh ini. Di tambah Frozen sekarang lagi booming banget kan. Akhirnya aku donlot semua (kecuali sequel / presequel-nya) Disney Princess.

Setelah aku tonton semua filmnya, aku menyimpulkan bahwa Disney Princess mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Terlahir sebagai princess atau menjadi princess karena menikah dengan pangeran.
  2. Salah satu atau kedua orang tua tokoh utama (atau tokoh tambahan) udah ga ada.
  3. Jago nyanyi.
  4. Berteman dengan binatang.

Ga percaya? Sok geura tonton semuanya. Atau lihat aja review singkat dari aku berikut ini:

1. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)
Nama: Snow White (14 tahun)
Status: Princess
Ibu: Tidak ada
Bapak: Tidak ada
Cowonya,
Nama: Prince Florian
Status: Pangeran
Ibu: -
Bapak: -
Ini animasi pertamanya Disney. Animasinya masih kasar, wajar sih. Snow White ini suaranya waktu nyanyi kayak nenek-nenek. Mungkin itu trend pada jamannya. Dan gerak-geriknya lebay kayak sinetron, kayak Syahrini gitu lah. Di filmnya, dia di kisah kan sebagai wanita tercantik dan mengalahi kecantikan ratu jahat, tapi menurut aku tetep cantikan ratunya dari pada Snow White. Adegan kurcacinya terlalu banyak, padahal bagian itu kalau dikurangin ga akan ngubah isi cerita. Nah, gara-gara kebanyakan bagian Kurcacinya, film ini jadi membosankan. Kematian musuhnya bukan karena dibunuh siapa-siapa, kalah begitu aja. Cemen ga sih? Begitu dici*um sama pangeran kemudian terbangun dari kematiannya, tanpa bilang apa-apa langsung setuju aja dibawa pergi sama pangeran. Agak aneh aja. Mana baru 14 tahun. Aku umur segitu mana kepikiran untuk nikah. Film ini merupakan satu-satunya yang memiliki tokoh Pangeran (tokoh cowonya) muncul cuma sepintas doang, bener-bener sepintas, ga tergambarkan karakternya.
Snow White (Snow White and the Seven Dwarfs)

2. Cinderella (1950)
Nama: Cinderella (19 tahun)
Status: Anak bangsawan
Ibu: Tidak ada
Bapak: Meninggal di tengah cerita
Cowonya,
Nama: Prince Charming (19 tahun)
Status: Pangeran
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Nonton film ini berasa nonton Tom and Jerry, banyak banget disorot bagian binatangnya. Jadi membosankan, sama aja kayak Snow White yang kebanyakan adegan Kurcacinya. Cinderella-nya bule banget kayak Christina Aguirela, kulit putih, rambut pirang, mata biru terang. Kayaknya ini film paling ringan di antara yang lain, konfliknya cuma: dia ingin memakai sepatu kacanya ketika orang dari kerajaan datang ke rumahnya tapi dia di kurung sama ibu tirinya di kamar. Terus dia akhirnya bisa keluar dari kamar kemudian nunjukin pasangan sepatu kacanya ke orang dari kerajaan. Masalah terpecahkan. Cinderella nikah dengan pangeran dan ga ada yang berubah dari kehidupan ibu tirinya dan ke dua soadara tirinya. Di film ini tokoh pangeran (tokoh cowonya) muncul sedikit lebih banyak dari Snow White.
Cinderella (Cinderella)

3. Sleeping Beauty (1959)
Nama: Aurora (16 tahun)
Status: Princess
Ibu: Ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Prince Philip
Status: Pangeran
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Princess favorit aku. Tercantik di antara para Princess, anggun pula. Tapi gayanya dan postur tubuhnya terlalu dewasa untuk perempuan seusia itu. Scene favorit pas bagian nyanyi "Once upon a dream" di dalam hutan. Film ini masih lebih masuk akal dari Snow White dan Cinderella, dimana pangeran berperan banyak dan dia lah yang mengalahkan musuh. Film ini menurut aku lebih seru dari 2 film tersebut. Disamping menceritakan bagian Aurora, film ini juga menyelipkan bagian 3 peri yang merawatnya, dan adegan itu jumlah dan durasinya ga sebanyak Kurcaci-kurcacinya Snow White atau Binatang-binatangnya Cinderella, lucu pula. Jadi nonton ini ga ngebosenin. Disney mengeluarkan versi live action-nya, Maleficent. Tapi ini benar-benar film yang beda cerita, jadi menurut aku kamu harus nonton dua-duanya. Aku sih lebih suka Maleficent dari pada film ini, hehe.
Aurora (Sleeping Beauty)




4. The Little Mermaid (1989)
Nama: Ariel (16 tahun)
Status: Princess
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Prince Eric (18 tahun)
Status: Pangeran
Ibu: -
Bapak: -
Di antara Disney Princess, aku paling ga suka sama rambutnya Ariel. Bukan karena warnanya, tapi karena bentuknya yang absurd. Atau mungkin bentuk rambut ini disesuaikan berdasarkan trend rambut pada jaman film ini dibuat. Ariel merupakan satu-satunya princess yang tidak terlahir sebagai manusia. Film ini ga akan bisa ditayang di TV Indonesia kalau ga disensor, haha. Ada bagian dimana Ariel berubah jadi manusia dan setengah badannya berubah jadi kaki tanpa celana (atau apapun untuk nutupinnya). Film ini kurang seru menurut aku. Tapi aku suka sama lagu-lagunya, girang-girang gitu. Kisah cinta di film ini sama aja kayak film-film Disney Princess sebelumnya, cinta pada pandangan pertama, tapi yang pasti ga seajaib Snow White, Cinderella, dan Sleeping Beauty yang begitu bertemu langsung  nyanyi bareng kayak yang tau itu true love. Jadi film ini mengisahkan usahanya Ariel yang naksir Prince Eric agar cintanya terbalas. Jadi ya karakter Ariel disini centil, ganjen, gimanaaa gitu.
Ariel dan Prince Eric (The Little Mermaid)

5. Beauty and the Beast (1991)
Nama: Belle
Status: Rakyat biasa
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Prince Adam (21)
Status: Pangeran
Ibu: -
Bapak: -
Selama ini, waktu belum pernah nonton Sleeping beauty, aku menempatkan Belle di peringkat pertama Princess tercantik. Dan akhir-akhir ini aku baru ngeh Belle mirip banget sama Raline Shah, ya ga sih? Aku suka makna dari film ini, Don't judge a book by its cover. Tapi menurut aku filmnya akan terasa lebih nampol kalau dibuat si Pangerannya itu dikutuk jadi manusia cacat nan jelek ketimbang binatang berbulu kayak gitu. Soalnya aku pribadi suka binatang berbulu, enak buat di elus elus. Berbeda dengan film-film Disney Princess sebelumnya yang tokoh utamanya disenangi banyak orang, karakter Belle ini malah tidak disukai masyarakat sekitarnya karena Belle kutu buku, dianggap aneh oleh orang-orang sekitarnya. Akhirnya pada film Disney Princess yang ke-5 ini, tidak ada yang namanya cinta pada pandangan pertama. Baik Belle maupun Beast saling mengenal satu sama lain dan baru lah muncul benih-benih cinta. Tapi ya emang itu lah tujuannya Beast, untuk membuat seseorang mengatakan "I love you" agar kutukannya lenyap. Eh tapi pas kutukannya lenyap, menurut aku, Beast jadi kelihatan aneh banget. Badannya terlalu gede kayak Agung Hercules gitu, mana rambutnya panjang juga, tapi mukanya kurang macho. Aku malah lebih suka fisiknya waktu kutukannya belum lenyap.
Belle (Beauty and the Beast)

6. Aladdin (1992)
Nama: Jasmine (16 tahun)
Status: Princess
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Aladdin (18 tahun)
Status: Rakyat biasa
Ibu: -
Bapak: -
Paling ga suka sama Jasmine di antara Disney Princess lainnya. Dia rela ci*um bibir ke Jafar (musuhnya) demi mengalihkan perhatiannya saat Aladdin datang menolong. Cabe banget ga sih, Euwwh. Film ini juga ada bagian-bagian yang perlu disensor, ada scene penari latar yang pake baju nerawang jadi yang keliatan cuma cang*cut sama be*ha doang. Walau aku ga suka Jasmine, aku suka banget sama Aladdin. Karakter cowo kayak gini yang aku suka, selengean. Fisiknya juga aku suka, ganteng lah dibanding tokoh-tokoh cowo pada film-film Disney Princess sebelumnya. Berbeda dengan film-film yang lain, Jasmine di film ini bukan lah sebagai tokoh utama. Kisah cintanya? Ya seperti pada kebanyakan film Disney Princess, love at first sight. Yang naksir sih Aladdin, bukan Jasmine. Aladdin berusaha untuk menarik perhatian Jasmine tapi dengan cara yang salah, menggunakan kekuatan Genie. Tidak menjadi dirinya yang apa adanya. Film ini menurut aku modern banget. Ya modern pada jamannya lah. Jadi karakter si Genie ini kocak suka meniru-niru hal-hal kekinian yang seharusnya di film itu belum ada (karena film itu disetting pada jaman dulu). Ngerti ga? Nonton aja deh biar ngerti...
Jasmine (Aladdin)

Nama: Pocahontas
Status: Anak kepala suku
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: John Smith
Status: Rakyat biasa
Ibu: -
Bapak: -
Ini dia satu-satunya film Disney Princess yang Cinta tidak harus memiliki. Saling mencintai, tapi pada akhirnya bhay. Jaman dulu, jadi ga mungkin LDR. Ini contoh anak yang berbakti kepada ayahnya, beda dengan Ariel yang memilih menjadi manusia demi pria yang dicintainya dan meninggalkan ayahnya. Mulanya mereka tidak saling suka, malah, Pocahontas menganggap John Smith ini bahaya karena dia pendatang, bukan penduduk asli. Tapi akhirnya John Smith mampu membuat Pocahontas jatuh cinta padanya. Kalau lihat Pocahontas tuh selalu keinget sama Anggun C. Sasmi. Warna kulitnya yang coklat, rambutnya yang hitam lurus panjang dan digerai, Anggun banget ga sih? Di filmnya, juga di wikipedia ga disebutin usianya Pocahontas, tapi menurut aku dia paling kelihatan dewasa di antara para Princess. Oh iya, film ini merupakan film pertama Disney yang dibuat berdasarkan karakter sejarah yang nyata. Cool ya.
Pocahontas (Pocahontas)

8. Mulan (1998)
Nama: Mulan
Status: Rakyat biasa
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Li-Shang
Status: Kapten tentara
Ibu: -
Bapak: Ada
Entah perasaan aku doang atau emang warna kulit Mulan terlalu gelap dan agak ke-pink-an, sedangkan setahu dan sepenglihatan aku orang China itu warna kulitnya Putih kekuningan. Mulan merupakan satu-satunya Disney Princess yang berperan sebagai pahlawan. Uniknya lagi, dia tidak terlahir sebagai princess, juga tidak menikahi seorang pangeran tetapi Mulan dinyatakan masuk ke dalam Disney Princess. Kalau dilihat dari segi comedy-nya, film ini kocak banget, apalagi bagian Mushu-nya. Tapi kalau dilihat dari segi kisah cintanya, ah ga seru. Emang dari awal Mulan dan Li-Shang ga kelihatan saling suka. Malah waktu pertama kali tahu Mulan itu perempuan dia kesal dan malah meninggalkannya. Padahal semua film yang pernah aku tonton, yang tentang perempuan nyamar jadi laki-laki, begitu rahasianya terbongkar jadi jatuh cinta, berbeda dengan kasusnya Mulan. Li-Shang ini menaruh perhatian pada Mulan di ending aja. Jadi emang film ini bukan tipikal kisah cinta-cintaan.
Mulan (Mulan)

9. The Princess and the Frog (2009)
Nama: Tiana (19 tahun)
Status: Rakyat biasa
Ibu: Ada
Bapak: Meninggal di tengah cerita
Cowonya,
Nama: Prince Naveen
Status: Pangeran
Ibu: -
Bapak: -
Kebalikan dari The Little Mermaid, di film ini Tiana yang manusia malah berubah jadi kodok setelah mencium Pangeran yang berwujud kodok. Jadi kalau nonton film ini rasanya kayak nonton film kisah cinta kodok. Bukan cinta pada pandangan pertama jadi lumayan seru ceritanya. Prince Naveen yang mulanya berniat menikahi sahabatnya Tiana yang kaya raya untuk memperbaiki keuangan kerajaannya, tetapi berubah pikiran begitu menyadari dirinya mencintai Tiana. Tiana yang tahu akan rencana Prince Naveen menikahi sahabatnya itu akhirnya harus menahan sakit dan berusaha mengontrol dirinya agar tidak terlalu terbawa perasaan kepada Prince Naveen. Aku suka dengan karakter Tiana yang gigih, tekun, dan pekerja keras. Beda banget sama karakter Prince Naveen yang sukanya happy-happy aja, santai, tidak mau ambil ribet, makanya dia berencana menikahi perempuan kaya raya ketimbang berusaha untuk mencari uang. Bagus sih filmnya. Cuma aku pribadi kurang suka film yang tokoh utamanya berbentuk binatang jadi mungkin itu yang bikin rada ngantuk.
Tiana (The Princess and the Frog)

10. Tangled (2010)
Nama: Rapunzel (18 tahun)
Status: Princess
Ibu: Ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Flynn Rider / Eugene Fitzherbert
Status: Rakyat biasa
Ibu: Tidak ada
Bapak: Tidak ada
Terfavorit! Suka banget. Berkali-kali nonton ini tapi tetep deg-degan setiap ngelihat scene nyanyi "I See the Light". Kenapa favorit? Karena aku suka kisah cintanya yang ga love at first sight tapi bikin gemesh. Pertamanya aja si Flynn Rider ngerasa Rapunzel itu ngeselin, eh lama-lama suka yang malu-malu kucing gitu. Terus bagian terakhirnya pas Flynn sekarat, dia bilang "You were my new dream". Aw aw awww. Ih inget filmnya doang bikin deg-degan, hahaha. Mana Flynn-nya ganteng banget. Tokoh kartun cowo terganteng yang pernah aku lihat selama ini. Ada brewok pula, komplit sudah, hahahahahaha. Ini perasaan aku doang atau emang dia mirip cowo yang di film Prince Persia? Selain fisiknya, karakternya juga aku suka, selengean, sok ganteng (tapi emang ganteng), kocak banget. Katanya sih di balik pembuatan wajah Flynn ada ceritanya. Dipanggil beberapa cewe yang bekerja di studio kumpul buat pilihin aktor Hollywood yang paling ganteng kemudian disatuin pendapat mereka, jadi lah Flynn. Ga heran sih hasilnya ganteng, dengan karakter yang pas. Eh kebablasan ngomongin Flynn kan, hehe. Aku juga suka sama karakternya Rapunzel. Polos dan ceria, disenangi semua orang. Paling suka waktu Rapunzel perang batin, aku sangat mengerti perasaan itu karena dulu sering mengalaminya, hahaha. Postur tubuh sesuai dengan umurnya. Kelihatan banget kayak remaja, beda sama Aurora yang terlalu dewasa. Pas potong rambut jadi kelihatan agak jelek, tapi mukanya tetep mirip sama ibu kandungnya. Harusnya Flynn potongin rambutnya agak dibawah bahu jadinya ga jigrak ga jelas gitu. Sebenernya Mother Gothel ga jahat-jahat amat. Walaupun dia culik Rapunzel, toh dia memperlakukan Rapunzel seolah anaknya sendiri, bukan dijadikan budak seperti di Cinderella. Ya kan?
Flynn Rider!!! Ganteng nya puool.
Rambutnya + jambangnya + jenggot tipisnya, sempurna.

Flynn: "Sakitnya tuh di sini"
Rapunzel: .... (mikirin berapa banyak shampo yang harus dibeli bulan ini)




11. Brave (2012)
Nama: Merida (16 tahun)
Status: Princess
Ibu: Ada
Bapak: Ada
Merida, setipe dengan Mulan, pemberani, kuat, dan tomboy. Bedanya Mulan menjadi kuat karena terpaksa jadi tentara dan berlatih dengan giat, sedangkan Merida emang begitulah karakternya. Merida ini bukan tipe cewe yang menarik secara fisik. Jelek sih ga, cuma Princess yang lain wajahnya cantik atau lucu, atau paling ga anggun. Film ini, bener-bener film yang jauh dari tipikal film Disney Princess. Satu-satunya princess yang ga ada kisah cinta dengan pria. Satu-satunya princess yang ga nyanyi. Juga satu-satunya princess yang endingnya bikin aku netesin air mata. Film paling beda dari pada yang lain tapi paling bermakna. Film yang bikin aku inget sama nyokap. Film yang nyindir banget. Ngelihat Merida mengingatkan aku sama diri aku sendiri, suka berbeda pemikiran sama nyokap, suka ga mau denger apa kata nyokap. Ini wajib ditonton semua anak. Bagus.
Merida (Brave)

12. Frozen (2013)
Nama: Anna (18 tahun), Elsa (21 tahun)
Status: Princess
Ibu: Meninggal di tengah cerita
Bapak: Meninggal di tengah cerita
Cowonya,
Nama: Prince Hans, Kristoff
Status: Pangeran, Rakyat biasa
Ibu: -
Bapak: -
Ini kartun terfenomenal. Heran aku kenapa orang lebay banget sama Frozen. Bagus sih, cuma ga selebay itu. Menurut aku masih lebih bagus Tangled dari pada Frozen. Walaupun aku ga begitu suka sama filmnya, aku suka hampir semua lagunya. Paling suka sama Love is Open Door. Filmnya dari awal gampang ketebak. Orang tuanya malah milih mengurung Elsa di kamar padahal waktu diramal sama Troll itu udah ketara banget maksudnya jangan sampai rasa takut menguasai. Cemen. Tapi bagus sih ga ada adegan ci*umannya, dan memang tema film ini cinta antar keluarga. Tapi bukan berarti ga ada kisah cinta antar pria-wanita nya ya. Aku kaget waktu nonton adegan Anna setuju nikah sama Prince Hans. Anna ngambil keputusan secepat Snow White setuju dibawa sama Prince Florian, secepat aku kentut. Gila ya. Aku sih kalau ketemu orang asing yang ganteng dan baik terus tiba-tiba di hari itu juga diajak nikah, aku tetep ga akan kasih keputusan saat itu juga. Entah perasaan aku doang atau emang Elsa satu-satunya Princess yang make-upnya tebel? Oh iya, sebenernya Frozen belum resmi masuk sebagai Disney Princess. Gapapa lah ya aku masukin Frozen, toh dua-duanya emang princess kan (yang kemudian Elsa dinobatkan sebagai Ratu).
Elsa dan Anna (Frozen)



October 9, 2014

Blood Moon sih, tapi............

Telat ngepost nih.

Sebenernya kemaren, tanggal 8 Oktober sekitar magrib terjadi gerhana bulan total yang disebut Blood Moon karena bulan akan terlihat berwarna merah. Kabar gembiranya, bisa dilihat di seluruh Indonesia. Cool kan? Aku yang lagi di kosan, yang lagi ga ada temen di nangor, pengeeeeen banget lihat gerhana bulan langsung di langit. Berhubung kosan dan sekitarnya dikelilingi gedung yang cukup tinggi, jadi sulit untuk lihat bulan. Akhirnya aku berniat pergi ke ATM Center kampus untuk lihat dan foto bulan (secara di sana ga dikelilingi gedung tinggi), sekalian ambil uang dan pulangnya belanja di Griya.

Dengan semangat melangkah keluar kamar sambil nenteng tas berisikan kamera prosumer yang ga laku-laku di jual itu. Sesemangat orang gajian. Begitu berada di luar kamar, aku langsung tengadah lihat langit. Bulannya ga kelihatan, mungkin terhalang genteng. Buru-buru aku ke luar kosan, berhentiin angkot kemudian naik. Sepanjang jalan lihatin jendela  ke arah dimana biasanya bulan nampak. Tapi kok ga muncul-muncul...... Feeling ga enak.

Seturunnya dari angkot, langsung tengadah lagi. Lha kok.......gelap gulita, bintang pun ga ada. Mungkin aku kurang jeli. Buru-buru masuk lewat gerbang kampus, mungkin bukan aku satu-satunya yang niat mau foto bulan. Setelah masuk ke dalam, eng ing eng..... Ga ada yang hunting bulan. Ga ada yang tengadah. Langit mendung, yang kelihatan hanyalah maba lalu lalang dan mahasiswa yang sok sibuk. Aku jalan ke arah ATM Center sambil celingak celinguk ke langit. Sesekali liat orang sekitar apa aku doang yang kayak gini. Ternyata ada juga orang yang sesekali lihat langit. Tapi cuma 2 orang, dan aku bisa jamin dia ga seniat aku yang nenteng-nenteng tas isi kamera.

Sedih. Ambil duit, kemudian duduk di depan ATM Center bersama mahasiswa-mahasiswa yang sok sibuk itu. Untungnya sih rame. Nunggu sambil chat sama temen-temen, kali aja dengan sangat tiba-tiba langit jadi cerah. Lima menit berlalu... Sepuluh menit berlalu... Dua puluh menit berlalu... Masih aja aku celingak celinguk lihat langit, eh dikirimin foto Gerhana Bulan di Makassar.



Dua foto tersebut diambil sama temennya Diqal, namanya Zafran dan Hendra. Sayang mereka ga punya Instagram, padahal hasil foto ini keren banget.

Makin bete lah aku. Akhirnya aku pergi dengan tangan hampa. Mampir ke Griya, pas bayar di kasir kok HP ga ada di dalem tas. Yang pertama ada dipikiran aku: Banyak foto selfie yang ga pake kerudung belom diamankan! Bahaya loh itu. Orang bisa jadi bikin identitas palsu di dunia maya pake foto-foto yang ada di HP aku. Kebetulan banyak selfienya dan yang bagus pula, haha pede! Da aku mah kalo selfie dipilah-pilih yang jelek langsung dihapus :D

Itu lemes luar biasa, ga sedih sih ilang HP, tapi yang sedih itu foto-fotonya belom dipindahin ke komputer dan khawatir semua orang di Phonebook, BBM, Line, jadi korban penipuan. Setelah di ingat-ingat aku naro di lantai 2 Griya tempat baju. Iya, aku naro HP begitu aja cuma gara-gara terlena liat rok yang lucu-lucu tapi murah. Iya, cuma karena murah. Dasar, hobi baju murah. Seselesai bayar belanjaan langsung lari ke TKP dengan muka yang aku yakin kelihatan panik banget, dilihat dari reaksi teteh yang beresin baju. Begitu aku nemuin HP masih di tempat dimana aku tinggalin, si teteh langsung bilang "Kirain teh tadi kenapa. Alhamdulillah ya". Sampe bapak-bapak yang denger (atau mungkin lihat muka panik aku tadi) bilang "Hati-hati neng HP jangan ditinggal-tinggal".

Alhamdulillah foto aku ga jadi kesebar.

Di perjalanan pulang aku mikir, untung HP aku jelek jadi orang males ngambil. Klo pun ngambil aku juga ga sedih-sedih amet HPnya ilang (kecuali datanya). Ingat kejadian hari ini tuh kocak pengen ketawa. Aku kok kayak orang paling bego, haha. Makin kerasa begonya pas jalan dari gerbang kosan senyam senyum sendiri dan baru inget lagi dipantau CCTV. Iya di kosan sekarang dipasang CCTV segala, kebanyakan gaya. Kan jadi malu.