November 18, 2014

Disney Princess

Akhirnyaaaaa bisa napas lega setelah berhari-hari bermesraan dengan skripsweet. Ga kok, aku belom lulus. Doakan saja lah. Hehe.

Udah lama banget aku pengen ngepost tentang Disney Princess, tapi baru ada waktu sekarang untuk nge-blog lagi. Kenapa Disney Princess? Karena dari kecil aku suka banget sama yang princess-princessan. Bahkan aku ngerasa obsesi akan princess makin menjadi setelah kuliah. Selama ini Disney Princess yang pernah aku nonton hanya Beauty and the Beast, Pocahontas, Tangled, Brave, dan Frozen. Disney Princess yang jadul cuma tahu ceritanya dari mulut ke mulut, ga pernah nonton filmnya. Sebenernya yang bikin aku makin suka banget sama Disney Princess semenjak nonton Tangled. Itu film favorit aku sepanjang masa. Ya paling ga, sejauh ini. Di tambah Frozen sekarang lagi booming banget kan. Akhirnya aku donlot semua (kecuali sequel / presequel-nya) Disney Princess.

Setelah aku tonton semua filmnya, aku menyimpulkan bahwa Disney Princess mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Terlahir sebagai princess atau menjadi princess karena menikah dengan pangeran.
  2. Salah satu atau kedua orang tua tokoh utama (atau tokoh tambahan) udah ga ada.
  3. Jago nyanyi.
  4. Berteman dengan binatang.

Ga percaya? Sok geura tonton semuanya. Atau lihat aja review singkat dari aku berikut ini:

1. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)
Nama: Snow White (14 tahun)
Status: Princess
Ibu: Tidak ada
Bapak: Tidak ada
Cowonya,
Nama: Prince Florian
Status: Pangeran
Ibu: -
Bapak: -
Ini animasi pertamanya Disney. Animasinya masih kasar, wajar sih. Snow White ini suaranya waktu nyanyi kayak nenek-nenek. Mungkin itu trend pada jamannya. Dan gerak-geriknya lebay kayak sinetron, kayak Syahrini gitu lah. Di filmnya, dia di kisah kan sebagai wanita tercantik dan mengalahi kecantikan ratu jahat, tapi menurut aku tetep cantikan ratunya dari pada Snow White. Adegan kurcacinya terlalu banyak, padahal bagian itu kalau dikurangin ga akan ngubah isi cerita. Nah, gara-gara kebanyakan bagian Kurcacinya, film ini jadi membosankan. Kematian musuhnya bukan karena dibunuh siapa-siapa, kalah begitu aja. Cemen ga sih? Begitu dici*um sama pangeran kemudian terbangun dari kematiannya, tanpa bilang apa-apa langsung setuju aja dibawa pergi sama pangeran. Agak aneh aja. Mana baru 14 tahun. Aku umur segitu mana kepikiran untuk nikah. Film ini merupakan satu-satunya yang memiliki tokoh Pangeran (tokoh cowonya) muncul cuma sepintas doang, bener-bener sepintas, ga tergambarkan karakternya.
Snow White (Snow White and the Seven Dwarfs)

2. Cinderella (1950)
Nama: Cinderella (19 tahun)
Status: Anak bangsawan
Ibu: Tidak ada
Bapak: Meninggal di tengah cerita
Cowonya,
Nama: Prince Charming (19 tahun)
Status: Pangeran
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Nonton film ini berasa nonton Tom and Jerry, banyak banget disorot bagian binatangnya. Jadi membosankan, sama aja kayak Snow White yang kebanyakan adegan Kurcacinya. Cinderella-nya bule banget kayak Christina Aguirela, kulit putih, rambut pirang, mata biru terang. Kayaknya ini film paling ringan di antara yang lain, konfliknya cuma: dia ingin memakai sepatu kacanya ketika orang dari kerajaan datang ke rumahnya tapi dia di kurung sama ibu tirinya di kamar. Terus dia akhirnya bisa keluar dari kamar kemudian nunjukin pasangan sepatu kacanya ke orang dari kerajaan. Masalah terpecahkan. Cinderella nikah dengan pangeran dan ga ada yang berubah dari kehidupan ibu tirinya dan ke dua soadara tirinya. Di film ini tokoh pangeran (tokoh cowonya) muncul sedikit lebih banyak dari Snow White.
Cinderella (Cinderella)

3. Sleeping Beauty (1959)
Nama: Aurora (16 tahun)
Status: Princess
Ibu: Ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Prince Philip
Status: Pangeran
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Princess favorit aku. Tercantik di antara para Princess, anggun pula. Tapi gayanya dan postur tubuhnya terlalu dewasa untuk perempuan seusia itu. Scene favorit pas bagian nyanyi "Once upon a dream" di dalam hutan. Film ini masih lebih masuk akal dari Snow White dan Cinderella, dimana pangeran berperan banyak dan dia lah yang mengalahkan musuh. Film ini menurut aku lebih seru dari 2 film tersebut. Disamping menceritakan bagian Aurora, film ini juga menyelipkan bagian 3 peri yang merawatnya, dan adegan itu jumlah dan durasinya ga sebanyak Kurcaci-kurcacinya Snow White atau Binatang-binatangnya Cinderella, lucu pula. Jadi nonton ini ga ngebosenin. Disney mengeluarkan versi live action-nya, Maleficent. Tapi ini benar-benar film yang beda cerita, jadi menurut aku kamu harus nonton dua-duanya. Aku sih lebih suka Maleficent dari pada film ini, hehe.
Aurora (Sleeping Beauty)




4. The Little Mermaid (1989)
Nama: Ariel (16 tahun)
Status: Princess
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Prince Eric (18 tahun)
Status: Pangeran
Ibu: -
Bapak: -
Di antara Disney Princess, aku paling ga suka sama rambutnya Ariel. Bukan karena warnanya, tapi karena bentuknya yang absurd. Atau mungkin bentuk rambut ini disesuaikan berdasarkan trend rambut pada jaman film ini dibuat. Ariel merupakan satu-satunya princess yang tidak terlahir sebagai manusia. Film ini ga akan bisa ditayang di TV Indonesia kalau ga disensor, haha. Ada bagian dimana Ariel berubah jadi manusia dan setengah badannya berubah jadi kaki tanpa celana (atau apapun untuk nutupinnya). Film ini kurang seru menurut aku. Tapi aku suka sama lagu-lagunya, girang-girang gitu. Kisah cinta di film ini sama aja kayak film-film Disney Princess sebelumnya, cinta pada pandangan pertama, tapi yang pasti ga seajaib Snow White, Cinderella, dan Sleeping Beauty yang begitu bertemu langsung  nyanyi bareng kayak yang tau itu true love. Jadi film ini mengisahkan usahanya Ariel yang naksir Prince Eric agar cintanya terbalas. Jadi ya karakter Ariel disini centil, ganjen, gimanaaa gitu.
Ariel dan Prince Eric (The Little Mermaid)

5. Beauty and the Beast (1991)
Nama: Belle
Status: Rakyat biasa
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Prince Adam (21)
Status: Pangeran
Ibu: -
Bapak: -
Selama ini, waktu belum pernah nonton Sleeping beauty, aku menempatkan Belle di peringkat pertama Princess tercantik. Dan akhir-akhir ini aku baru ngeh Belle mirip banget sama Raline Shah, ya ga sih? Aku suka makna dari film ini, Don't judge a book by its cover. Tapi menurut aku filmnya akan terasa lebih nampol kalau dibuat si Pangerannya itu dikutuk jadi manusia cacat nan jelek ketimbang binatang berbulu kayak gitu. Soalnya aku pribadi suka binatang berbulu, enak buat di elus elus. Berbeda dengan film-film Disney Princess sebelumnya yang tokoh utamanya disenangi banyak orang, karakter Belle ini malah tidak disukai masyarakat sekitarnya karena Belle kutu buku, dianggap aneh oleh orang-orang sekitarnya. Akhirnya pada film Disney Princess yang ke-5 ini, tidak ada yang namanya cinta pada pandangan pertama. Baik Belle maupun Beast saling mengenal satu sama lain dan baru lah muncul benih-benih cinta. Tapi ya emang itu lah tujuannya Beast, untuk membuat seseorang mengatakan "I love you" agar kutukannya lenyap. Eh tapi pas kutukannya lenyap, menurut aku, Beast jadi kelihatan aneh banget. Badannya terlalu gede kayak Agung Hercules gitu, mana rambutnya panjang juga, tapi mukanya kurang macho. Aku malah lebih suka fisiknya waktu kutukannya belum lenyap.
Belle (Beauty and the Beast)

6. Aladdin (1992)
Nama: Jasmine (16 tahun)
Status: Princess
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Aladdin (18 tahun)
Status: Rakyat biasa
Ibu: -
Bapak: -
Paling ga suka sama Jasmine di antara Disney Princess lainnya. Dia rela ci*um bibir ke Jafar (musuhnya) demi mengalihkan perhatiannya saat Aladdin datang menolong. Cabe banget ga sih, Euwwh. Film ini juga ada bagian-bagian yang perlu disensor, ada scene penari latar yang pake baju nerawang jadi yang keliatan cuma cang*cut sama be*ha doang. Walau aku ga suka Jasmine, aku suka banget sama Aladdin. Karakter cowo kayak gini yang aku suka, selengean. Fisiknya juga aku suka, ganteng lah dibanding tokoh-tokoh cowo pada film-film Disney Princess sebelumnya. Berbeda dengan film-film yang lain, Jasmine di film ini bukan lah sebagai tokoh utama. Kisah cintanya? Ya seperti pada kebanyakan film Disney Princess, love at first sight. Yang naksir sih Aladdin, bukan Jasmine. Aladdin berusaha untuk menarik perhatian Jasmine tapi dengan cara yang salah, menggunakan kekuatan Genie. Tidak menjadi dirinya yang apa adanya. Film ini menurut aku modern banget. Ya modern pada jamannya lah. Jadi karakter si Genie ini kocak suka meniru-niru hal-hal kekinian yang seharusnya di film itu belum ada (karena film itu disetting pada jaman dulu). Ngerti ga? Nonton aja deh biar ngerti...
Jasmine (Aladdin)

Nama: Pocahontas
Status: Anak kepala suku
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: John Smith
Status: Rakyat biasa
Ibu: -
Bapak: -
Ini dia satu-satunya film Disney Princess yang Cinta tidak harus memiliki. Saling mencintai, tapi pada akhirnya bhay. Jaman dulu, jadi ga mungkin LDR. Ini contoh anak yang berbakti kepada ayahnya, beda dengan Ariel yang memilih menjadi manusia demi pria yang dicintainya dan meninggalkan ayahnya. Mulanya mereka tidak saling suka, malah, Pocahontas menganggap John Smith ini bahaya karena dia pendatang, bukan penduduk asli. Tapi akhirnya John Smith mampu membuat Pocahontas jatuh cinta padanya. Kalau lihat Pocahontas tuh selalu keinget sama Anggun C. Sasmi. Warna kulitnya yang coklat, rambutnya yang hitam lurus panjang dan digerai, Anggun banget ga sih? Di filmnya, juga di wikipedia ga disebutin usianya Pocahontas, tapi menurut aku dia paling kelihatan dewasa di antara para Princess. Oh iya, film ini merupakan film pertama Disney yang dibuat berdasarkan karakter sejarah yang nyata. Cool ya.
Pocahontas (Pocahontas)

8. Mulan (1998)
Nama: Mulan
Status: Rakyat biasa
Ibu: Tidak ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Li-Shang
Status: Kapten tentara
Ibu: -
Bapak: Ada
Entah perasaan aku doang atau emang warna kulit Mulan terlalu gelap dan agak ke-pink-an, sedangkan setahu dan sepenglihatan aku orang China itu warna kulitnya Putih kekuningan. Mulan merupakan satu-satunya Disney Princess yang berperan sebagai pahlawan. Uniknya lagi, dia tidak terlahir sebagai princess, juga tidak menikahi seorang pangeran tetapi Mulan dinyatakan masuk ke dalam Disney Princess. Kalau dilihat dari segi comedy-nya, film ini kocak banget, apalagi bagian Mushu-nya. Tapi kalau dilihat dari segi kisah cintanya, ah ga seru. Emang dari awal Mulan dan Li-Shang ga kelihatan saling suka. Malah waktu pertama kali tahu Mulan itu perempuan dia kesal dan malah meninggalkannya. Padahal semua film yang pernah aku tonton, yang tentang perempuan nyamar jadi laki-laki, begitu rahasianya terbongkar jadi jatuh cinta, berbeda dengan kasusnya Mulan. Li-Shang ini menaruh perhatian pada Mulan di ending aja. Jadi emang film ini bukan tipikal kisah cinta-cintaan.
Mulan (Mulan)

9. The Princess and the Frog (2009)
Nama: Tiana (19 tahun)
Status: Rakyat biasa
Ibu: Ada
Bapak: Meninggal di tengah cerita
Cowonya,
Nama: Prince Naveen
Status: Pangeran
Ibu: -
Bapak: -
Kebalikan dari The Little Mermaid, di film ini Tiana yang manusia malah berubah jadi kodok setelah mencium Pangeran yang berwujud kodok. Jadi kalau nonton film ini rasanya kayak nonton film kisah cinta kodok. Bukan cinta pada pandangan pertama jadi lumayan seru ceritanya. Prince Naveen yang mulanya berniat menikahi sahabatnya Tiana yang kaya raya untuk memperbaiki keuangan kerajaannya, tetapi berubah pikiran begitu menyadari dirinya mencintai Tiana. Tiana yang tahu akan rencana Prince Naveen menikahi sahabatnya itu akhirnya harus menahan sakit dan berusaha mengontrol dirinya agar tidak terlalu terbawa perasaan kepada Prince Naveen. Aku suka dengan karakter Tiana yang gigih, tekun, dan pekerja keras. Beda banget sama karakter Prince Naveen yang sukanya happy-happy aja, santai, tidak mau ambil ribet, makanya dia berencana menikahi perempuan kaya raya ketimbang berusaha untuk mencari uang. Bagus sih filmnya. Cuma aku pribadi kurang suka film yang tokoh utamanya berbentuk binatang jadi mungkin itu yang bikin rada ngantuk.
Tiana (The Princess and the Frog)

10. Tangled (2010)
Nama: Rapunzel (18 tahun)
Status: Princess
Ibu: Ada
Bapak: Ada
Cowonya,
Nama: Flynn Rider / Eugene Fitzherbert
Status: Rakyat biasa
Ibu: Tidak ada
Bapak: Tidak ada
Terfavorit! Suka banget. Berkali-kali nonton ini tapi tetep deg-degan setiap ngelihat scene nyanyi "I See the Light". Kenapa favorit? Karena aku suka kisah cintanya yang ga love at first sight tapi bikin gemesh. Pertamanya aja si Flynn Rider ngerasa Rapunzel itu ngeselin, eh lama-lama suka yang malu-malu kucing gitu. Terus bagian terakhirnya pas Flynn sekarat, dia bilang "You were my new dream". Aw aw awww. Ih inget filmnya doang bikin deg-degan, hahaha. Mana Flynn-nya ganteng banget. Tokoh kartun cowo terganteng yang pernah aku lihat selama ini. Ada brewok pula, komplit sudah, hahahahahaha. Ini perasaan aku doang atau emang dia mirip cowo yang di film Prince Persia? Selain fisiknya, karakternya juga aku suka, selengean, sok ganteng (tapi emang ganteng), kocak banget. Katanya sih di balik pembuatan wajah Flynn ada ceritanya. Dipanggil beberapa cewe yang bekerja di studio kumpul buat pilihin aktor Hollywood yang paling ganteng kemudian disatuin pendapat mereka, jadi lah Flynn. Ga heran sih hasilnya ganteng, dengan karakter yang pas. Eh kebablasan ngomongin Flynn kan, hehe. Aku juga suka sama karakternya Rapunzel. Polos dan ceria, disenangi semua orang. Paling suka waktu Rapunzel perang batin, aku sangat mengerti perasaan itu karena dulu sering mengalaminya, hahaha. Postur tubuh sesuai dengan umurnya. Kelihatan banget kayak remaja, beda sama Aurora yang terlalu dewasa. Pas potong rambut jadi kelihatan agak jelek, tapi mukanya tetep mirip sama ibu kandungnya. Harusnya Flynn potongin rambutnya agak dibawah bahu jadinya ga jigrak ga jelas gitu. Sebenernya Mother Gothel ga jahat-jahat amat. Walaupun dia culik Rapunzel, toh dia memperlakukan Rapunzel seolah anaknya sendiri, bukan dijadikan budak seperti di Cinderella. Ya kan?
Flynn Rider!!! Ganteng nya puool.
Rambutnya + jambangnya + jenggot tipisnya, sempurna.

Flynn: "Sakitnya tuh di sini"
Rapunzel: .... (mikirin berapa banyak shampo yang harus dibeli bulan ini)




11. Brave (2012)
Nama: Merida (16 tahun)
Status: Princess
Ibu: Ada
Bapak: Ada
Merida, setipe dengan Mulan, pemberani, kuat, dan tomboy. Bedanya Mulan menjadi kuat karena terpaksa jadi tentara dan berlatih dengan giat, sedangkan Merida emang begitulah karakternya. Merida ini bukan tipe cewe yang menarik secara fisik. Jelek sih ga, cuma Princess yang lain wajahnya cantik atau lucu, atau paling ga anggun. Film ini, bener-bener film yang jauh dari tipikal film Disney Princess. Satu-satunya princess yang ga ada kisah cinta dengan pria. Satu-satunya princess yang ga nyanyi. Juga satu-satunya princess yang endingnya bikin aku netesin air mata. Film paling beda dari pada yang lain tapi paling bermakna. Film yang bikin aku inget sama nyokap. Film yang nyindir banget. Ngelihat Merida mengingatkan aku sama diri aku sendiri, suka berbeda pemikiran sama nyokap, suka ga mau denger apa kata nyokap. Ini wajib ditonton semua anak. Bagus.
Merida (Brave)

12. Frozen (2013)
Nama: Anna (18 tahun), Elsa (21 tahun)
Status: Princess
Ibu: Meninggal di tengah cerita
Bapak: Meninggal di tengah cerita
Cowonya,
Nama: Prince Hans, Kristoff
Status: Pangeran, Rakyat biasa
Ibu: -
Bapak: -
Ini kartun terfenomenal. Heran aku kenapa orang lebay banget sama Frozen. Bagus sih, cuma ga selebay itu. Menurut aku masih lebih bagus Tangled dari pada Frozen. Walaupun aku ga begitu suka sama filmnya, aku suka hampir semua lagunya. Paling suka sama Love is Open Door. Filmnya dari awal gampang ketebak. Orang tuanya malah milih mengurung Elsa di kamar padahal waktu diramal sama Troll itu udah ketara banget maksudnya jangan sampai rasa takut menguasai. Cemen. Tapi bagus sih ga ada adegan ci*umannya, dan memang tema film ini cinta antar keluarga. Tapi bukan berarti ga ada kisah cinta antar pria-wanita nya ya. Aku kaget waktu nonton adegan Anna setuju nikah sama Prince Hans. Anna ngambil keputusan secepat Snow White setuju dibawa sama Prince Florian, secepat aku kentut. Gila ya. Aku sih kalau ketemu orang asing yang ganteng dan baik terus tiba-tiba di hari itu juga diajak nikah, aku tetep ga akan kasih keputusan saat itu juga. Entah perasaan aku doang atau emang Elsa satu-satunya Princess yang make-upnya tebel? Oh iya, sebenernya Frozen belum resmi masuk sebagai Disney Princess. Gapapa lah ya aku masukin Frozen, toh dua-duanya emang princess kan (yang kemudian Elsa dinobatkan sebagai Ratu).
Elsa dan Anna (Frozen)



1 comment:

  1. sama kak, aku juga suka banget sama rapunzel. mukanya tuh imut n gemesin. lucu juga ketika ngeliat dia bimbang milh bebas dan melihat lampu-lampu yang selalu hadir di setiap ultahnya atau milih tinggal sama mother gothel yg sangat ia sayangi. aku jga suka karakter jasmine yang pemberani (menurut aku) dan kulitnya yang eksotis.

    ReplyDelete