September 17, 2014

Fake Account

Tadi aku buka inbox di Facebook, ada orang yang kirim message nanya bisa chat ga. Kepo, cek profilenya. Orang yang ga aku kenal, sepertinya orang Malaysia. Waktu klik 'About' dan scroll ke bawah ga sengaja lihat kolom friends...dan... kok ada nama "Kisi Karunia" di salah satu friendlistnya dengan profile picture foto selfie aku. Aku ga inget pernah di-add sama orang ini. Selain itu kok profile picturenya beda sama yang selama ini aku pake.

Klik lah nama tersebut. Cek, bener punya aku atau bukan. Eh ternyata itu account entah siapa yang buat, baru dibuat tahun ini dan cuma ada 3 foto berisi foto selfie aku semua. Kalo baca dari komen-komen di foto, dugaan aku sih yang buat accountnya orang Malaysia. Akhirnya aku jadi search nama aku sendiri di Facebook untuk memastikan fake account itu cuma satu. Dan hasilnya...

Fake account, jangan di add ya :)
Ternyata ada 2 fake account! Yang paling atas yang asli. Ah malu umurnya tercantum :(
Nah, yang bikin menarik adalah account yang pake nama panjang aku. Aku sendiri pake nama lengkap palingan hanya untuk hal-hal yang formal seperti skripsi, KTP, dll. Nama lengkap aku kurang menjual sih, hehe. Udah gitu, pake foto aku jaman muda lagi (yang kerudungnya acakadul), hahahaha. Foto yang diupload di account ini lebih banyak, random pula. Ada foto jaman aku SMA, ada foto jaman kuliah awal, ada juga yang lumayan agak baru. Account tersebut dibuatnya di tahun 2014 juga. Dugaan aku yang buat anak 15 tahun yang berobsesi dengan jepang dan anime (analisa singkat setelah baca komen-komen di foto). Yang pasti dia ngambil foto dari blog ini, foto yang hanya aku uload di facebook ga ada di account tersebut.

Kelihatannya mereka ga berbahaya jadi yaudah lah aku biarin. Kecuali mereka penipu, minta transfer duit ke rekening palsu, atau buat culik-culik bocah. Ya cuma kasihan aja misal ada temen atau siapa pun butuh hubungin aku terus search di Facebook dan dia salah nge-add malah ke fake account.

Dulu juga pernah ada kasus kayak gini dari jaman di Friendster, ada account ga dikenal pake foto aku. Di twitter juga pernah, tapi kalo dia pake foto aku karena ngerasa muka dia mirip aku.

Apa aku perlu cantumin link web aku di tiap foto biar klo dicomot orang ketahuan itu bukan milik dia (ngerti ga?). Tapi itu terlalu ribet dan terlalu sok artis. Da aku mah apa atuh, skripsi aja masih belom kelar :((

Inti dari aku buat post ini adalah jangan pernah 100% percaya sama orang yang baru kamu kenal di sosmed karena bisa saja itu identitas palsu. Apalagi sampe pacaran sama orang baru kenal di Facebook. Euwh.

Follow my blog with Bloglovin

No comments:

Post a Comment