December 4, 2013

Trend Fashion Hijab Di Indonesia, Harus Diperbaiki

Sebenernya lagi berusaha buat ga ngeblog nih, mau serius skripsi, tapi untuk tema kali ini gapapa lah. Soalnya menurut aku ini lumayan penting aku bahas. Kenapa? Kalian lihat kan di Indonesia makin hari makin banyak yang pakai hijab. Bagus banget menurut aku. Tapi ada yang salah dengan itu, mereka menggunakannya untuk fashion, bukan untuk menutup aurat. Makin hari makin banyak orang jualan baju khusus wanita berhijab dengan motto yang kurang lebih sama "lebih cantik dengan pakaian sesuai aturan islam", tapi yang aku lihat dari pendiri atau model dari online shop itu kerudungnya turban lah, baju ngetat lah, pake legging lah, ga pake kaos kaki lah. Mottonya ga sesuai.

Selain dari tentang hal itu, trend pakaian hijab di Indonesia itu hebring-hebring banget. Nyadar ga sih? Dress asimetris lah (seperti sebelah lengan buntung sebelahnya lengan lebar kelewer-kelewer), warnanya ngejreng lah, high heels lah, make up menor lah. Itu pakaian keluar sehari-hari kok sama hebringnya kayak mau ke kondangan?

Sebenernya gatel banget pengen cantumin foto-foto hijab yang agak salah itu, tapi kan harus minta ijin ke yang punya, jadinya ga enak. Mungkin buat kamu yang tinggal di bandung bisa melihat hijab hebring kayak apa. Kalo tempat lain ga tau deh, soalnya aku kan tinggalnya di daerah Tangerang Selatan dan pakaian hijab hebring jarang di sana (secara di sekitaran rumah aku lumayan banyak yang non islam).

Ada juga sih beberapa orang yang berpakaian tidak ngetat, kerudung menutupi dada, modis. Tapiiii mereka selalu lupa kalo kaki itu juga bagian dari aurat. Aduh sayang banget itu, sayaaaang banget. Padahal aku sangat ngedukung mereka yang pinter mengakali pakaian mereka hingga tidak ngetat dan kerudung tetap menutupi dada.

Tadinya aku kira fashion designer berhijab di Indonesia itu ga ada yang tahu kalau kaki itu bagian dari aurat. Ternyata aku salah. Akhirnya aku menemukan orang Indonesia berpakaian modis, tidak ngetat, kerudung panjang, dan kakinya tertutup (pakai kaos kaki). Aaaah kerennya orang ini. Silahkan cek ke blognya mbak Fitri Aulia atau ke instagram-nya. Hebatnya, dia baru mengenakan hijab tahun 2008 dan sudah berpakaian serapih itu. Aku aja yang dari SD pakai hijab kadang masih suka gembel (pakai celana) dan kerudung agak pendek, hehe.

Pakaian seperti mbak Fitri Aulia ini yang patut dicontoh. Bukan yang hebring atau legging :|


Oh iya buat siapa pun yang baca ini, adakah yang tahu dimana jual mesin jahit murah? Yang seken/bekas juga gpp, yang penting dibawah 1 juta dan bisa jahit bagus. Bagi yang tahu segera comment di sini ya :)

3 comments:

  1. iyaps,, kaki bagian dari aurat.. aku juga masih berusaha untuk itu. istiqomah berhijab yang bener.. hmm.. Semangat!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ada yang sependapat. Semangat! :)

      Delete