March 11, 2013

Ngegaul Bareng Orang Asing

Hari Sabtu tanggal 9 kemaren, aku bantuin Hanin nemenin tamu UNPAD dari Waseda University buat keliling-keliling bandung sebelum balik lagi ke Jepang. Jadi mereka mahasiswa S2 dari Waseda dan beberapa diantaranya pelajar asing, semacem KKN gitu lah di UNPAD. Sebelum mereka pulang ke Jepang, ada program Homestay 2 hari 1 malam dan Hanin sebagai salah satu host familynya. Mereka bertiga, 1 bapak-bapak Jepang dan 2 cewe muda China. Berhubung homestaynya di rumah Hanin yang di Lembang, yang ga ada keluarganya (rumah yang aslinya di Depok) jadi aku Maya Ami bantu nemenin Hanin. Pengalaman yang wow banget ngeguide dan bantu host family di Indonesia.

Udah lama banget aku ga ngobrol dan rutin nonton drama Jepang jadi kemampuan berbahasa jepang aku kerasa banget menurun. Untungnya mereka orang yang aktif dalam mengobrol jadi klo aku ga tersampaikan yang mau aku omongin gara-gara ga tau bahasa jepang apalagi bahasa inggris, mereka nebak-nebak jadi ga begitu susah ngobrol dengan mereka.

Yang paling bikin aku takut itu karena ada bapak-bapak, takut ga nyambung dan harus sopaaaan banget ngobrolnya sama dia. Tapi ternyata dia seorang bapak yang gaul, kegaulannya melebihi aku, percayalah. Namanya Sakai. Dia tahu banyak banget artis korea dan kalau semua pada ngobrolin artis korea giliran aku yang cengo. Dia tipikal bapak yang mengikuti perkembangan jaman jadinya bisa deket banget sama anaknya. Bukan aku sok tau, tapi dilihat dari cara dia mengobrol ke kita semua yang perempuan, nyambung dan paham topik apa yang cocok buat diobrolin dengan wanita muda.
Sakai-san

Dua orang dari China namanya Hong dan Yuki. Sebenarnya Yuki ada nama Chinanya tapi mungkin karena nama dia ribet untuk pelafalan orang Jepang jadi dibuat nama Jepangnya. Ide yang bagus, boleh juga tuh ditiru :D
Hong orangnya rame banget. Segala sesuatu selalu dikomentari dengan kata 'Sugoi!'. Hampir tiap saat dia nyebut 'Sugoi!'. Kalau Yuki orangnya banyak bertanya, mungkin dia tipe yang lebih ingin tahu. Yang membuat aku ngerasa ga kagok sama mereka berdua mungkin karena sesama orang asing, orang asing dalam konteks ini bukan orang jepang. Mungkin budaya sopan santun di China dan Indonesia hampir sama, beda dengan jepang yang harus sopaaaan banget jadi makanya ga kagok.
Kiri: Yuki, kanan: Hong.

Lucu itu pas baru nyampe di rumah Hanin, Hong langsung liat semua foto dan nanya2. Pas sampe akhirnya liat foto abinya Hanin bareng blablabla, Sakai-san dan Hong langsung nanya itu foto apa. Akhirnya tercerita lah tentang keluarga Hanin. Sampe Sakai-san langsung minta nama abinya Hanin terus search di google. Pas makanan dateng juga lucu, mereka terkagum-kagum apa yang mau dimakan langsung dateng plus sama karyawannya dianterin. Niat mau ga cerita ya mau gimana lagi, diceritain lah tentang restorannya juga. Kemudian Hong bilang pake bahasa Jepang, "Wah hebat ya Hanin, bener-bener kayak cerita di Film".

Dari homestay itu pun aku baru tau, ternyata Maya punya kemampuan berbahasa yang hebat menurut aku. Dia bisa ngerti obrolan Yuki dan Hong padahal mereka ngobrol dalam bahasa China. Dan aku kasih tau juga kalo Maya jago bahasa Korea, kemudia Yuki sama Maya ngobrol pake bahasa Korea. Canggih. Aku aja yang bertemu bahasa sunda dari lahir tapi sampe sekarang ga bisa bahasa sunda :|

Enaknya bawa Ami, sebesar yang kebal malu, kalau mau nanya yang kayaknya kurang sopan, tinggal nyuruh dia yang nanya.

Oke, setidaknya aku udah meresakan bagaimana ngeguide orang asing. Mungkin mata kuliah Guiding kurang lebih begitu. Ga enak, kudu tau betul wilayah yang mau diajak jalan. Alhamdulillah ga jadi ngambil Guiding :')

Pertama kali, jemput di Apartemen.

Tempat pertama yang dikunjungin, Rumah Mode, haha.

Move on ke PVJ, salah makan ditempat yang mahal :'(

Keesokan paginya, foto sebelum capcus di depan rumah hanin

Selingan. Sekseh beibeh

Kebun stroberi di Lembang.


Terus ke De Ranch. terkahirnya ke Kartika Sari tapi ga di foto :)

3 comments:

  1. duh jadi pengen kayak kamu kisi.. pengen gaul bareng bule jepang.. kabarnya mereka itu disiplin ya? btw ada cerita seru loh di www.bukuhidupandre.blogspot.com kalau dah baca gak nyesel deh ^_^

    ReplyDelete